Blogger Widgets Dhinna Liezantica: Contoh LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Selasa, 12 November 2013

Contoh LAPORAN HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Dewasa ini dunia kerja dan industri sangat membutuhkan tenaga ahli dan tenaga terampil. Manusia merupakan sumber daya yang berpotensi untuk mengolah alam semesta ini, oleh karena itu, sumber daya manusia harus bertolak ukur kepada kemampuan dan keterampilan. Maka dari itu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sumedang khususnya program keahlian pemasaran memilki nilai plus dari sekolah menengah lainnya. Dengan dibekali keahlian dan keterampilan untuk mewujudkan misi SMK Negeri 2 Sumedang yaitu meningkatkan profesionalisme SDM pengelola kegiatan atau program pembelajaran praktek kerja industri ini diharapkan mampu memberikan pengalaman dan menambah keterampilan siswa sebagai bekal di masa yang akan datang.
Selain itu juga siswa diharapkan mampu berperan aktif selama melaksanakan Prakerin, dalam arti siswa mampu mendapatkan ilmu, pengalaman, keterampilan, bagaimana cara melayani konsumen dengan baik menurut standar pelayanan, mampu melaksanakan kegiatan atau tugas-tugas seorang pramuniaga selain dari memberikan pelayanan kepada konsumen. Misalnya, siswa mampu menata barang/ produk dengan baik sesuai karakteristik atau tema yang di tentukan. Mampu mengoperasikan alat-alat transaksi modern yang ada di toko seperti timbangan digital, pembuatan label dengan komputer, pembuatan SKU (Stock Keeping Unit) dan sebagainya, yang alat-alat tersebut belum tersedia di sekolah.


1.2  MAKSUD DAN TUJUAN
Program kegiatan praktek kerja industri  ini dilaksanakan tentu memiliki tujuan-tujuan yang harus dicapai.
Tujuan tersebut antara lain:
1.      Untuk menambah wawasan dan pengalaman siswa.
2.      Menerapkan rasa tanggung jawab serta kedisiplinan dalam bekerja.
3.      Sebagai penerapan dari teori-teori yang telah dipelajari di sekolah.
4.      Menciptakan siswa yang kompetensi, memiliki keterampilan dan kecakapan.
5.      Melatih mental dan kepribadian siswa.
6.      Menciptakan hubungan kerja sama yang baik antara dunia pendidikan dan dunia industri.








1.3  SEJARAH PERUSAHAAN

A.    Sejarah YOGYA

Toko YOGYA pertama kali didirikan oleh Bapak Gondosasmito, pria kelahiran Solo ini memberi nama tokonya dengan nama “DJOGJA” pada tahun 1948, di kawasan Kosambi atau Jalan Abinad Yani – Bandung. Pada waktu itu luas toko sekitar  100 m2 dengan jumlah karyawan 10 orang. Produk yang dijual di toko pada waktu itu adalah batik yang diambil dari kota Solo dan Yogyakarta. Selama 24 tahun toko itu bertahan tanpa kemajuan yang cukup berarti.
Selanjutnya, berlangsung generasi kedua yang dimulai sejak 1972 sampai 1998, yaitu dengan masuknya Bapak Boedi Siswanto setelah menikah dengan Ibu Tina Handayani, putri dari Bapak Gondosasmito. Toko ini diwariskan kepada mereka berdua untuk dikelola dan dikembangkan dengan satu syarat saja, yaitu “namanya tidak boleh di ubah”.
Dengan bermodalkan Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Parahyangan, Bapak Boedi Siswanto mulai mengubah strategi marketing toko Djogja. Selain kain batik, toko Djogja juga menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sabun, sikat gigi, odol, kosmetik, dan barang-barang kelontong lainnya.
Awalnya memang tidak mudah dalam pengadaan barang karena para supplier masih belum mengenal toko DJOGJA. Pada saat itu Toko DJOGJA berusaha untuk dikenal dan dipercaya supplier yaitu dengan cara harus sanggup memberi barang dagangan secara tunai, meskipun dilakukan secara bertahap sedikit demi sedikit karena keterbatasan modal juga. Dengan keyakinan dan ketekunan lambat laun penjualan meningkat, omzet bertambah dan kepercayaan dari supplier pun bertambah. Seiring dengan pertumbuhan toko, maka pak Boedi memutuskan untuk membuka toko berikutnya yaitu di Jalan Sunda No. 60 Bandung. Pada tanggal 28 Oktober 1982 diresmikan cabang pertama YOGYA dengan luas toko sekitar 300 m2 dan jumlah karyawan 40 orang. Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai hari ulang tahun YOGYA Group yang diperingati setiap tahun. Selain itu, tanggal 28 Oktober juga bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.
Selanjutnya toko YOGYA juga mulai membuka cabang di daerah lain seperti cabang di Cirebon pada tahun 1984, Tasikmalaya pada tahun 1988 dan diteruskan ke Sukabumi, Bogor, Jakarta, Sumedang, Kuningan, Indramayu, Majalaya, Garut, Subang, dan hampir seluruh kabupaten kota di Jawa Barat bahkan Toserba Yogya atau Toserba Griya sudah mulai membuka cabang di Jawa Tengah.










B.     Sejarah dan Gedung Griya Plaza Sumedang

Toserba Griya Sumedang didirikan pada tanggal 26 April 1996 , bertempat di Jalan Mayor Abdurachman No. 163 dan merupakan cabang YOGYA yang ke-13 bedasarkan waktu pendirinya. Dari tahun 1996 sampai sekarang Griya Sumedang telah mengalami beberapa kali perluasan area. Terbagi atas 2 lantai, antara lain Lantai 1 sekitar 1031,8 m2 dan lantai dua sekitar 297, 235 m2. Jumlah karyawan 76 orang yang terdiri dari 9 orang staff dan 67 orang non staff.
Toserba Griya Sumedang sekarang terdiri atas 3 lantai:

1.      Lantai 1: Supermarket (Fresh, Food, Non Food, GMS, Cosmetics), Customer Relation, Locker Karyawan, Keamanan, Personalia dan Umum, MJM, Teknisi, Receiving Goods, Ruang Pembelian, Gudan Return.
2.      Lantai 2: Fashion (Mens Wear, ladies wear, baby & kids, shoes & bags), ruang storemanager, EDP, keuangan, gudang non food, gudang fashion YOGYA, gudang fashion konsinyasi.
3.      Lantai   3: Food Stations (Ichi Bento, M & M, Juice, Ayam Goreng Mergosari, Es Oyen, Pempek QQ), Book City, Game Station, Ruang Visual, Gudang Food, Gudang GMS, dll).

Seiring dengan berjalannya waktu, Toserba Griya Plaza Sumedang dari tahun 1996 telah mengalami empat kali perluasan hingga 1.329,035 m2 (yaitu 297,235 m2 lantai atas ditambah 1.031,8 m2 lantai bawah) dan akhirnya pada tanggal 15 Februari 2008 Toserba Griya Plaza Sumedang melaksanakan Re-Opening.

C.    Paradigma YOGYA

1.      Visi YOGYA: Tetap Menjadi Pilihan Utama.
2.      Misi YOGYA: Setia Memenuhi Kebutuhan Masyarakat.
3.      Business Objective:
·         Sales Growth, followed by Profit
·         Merchandising Management
·         Efficiency
4.      Moral Philoshophy
·         Jujur
·         Setia
·         Rendah Hati
5.      Coorporate Value: Maju Dengan Karya Bersama
6.      Bussiness Value: Konsumen PUAS
P: Produk Berkualitas
U: Unggul Pelayanan
A: Akrab bersahabat
S: Suasana Menyenangkan
PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI
24 Juni s.d 24 September 2013
Nama Instansi: GRIYA PLAZA SUMEDANG

No.
Kegiatan
Bulan: Juni
Ket.
Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3
Minggu 4
Ø  FOOD





1.
Filling In





2.
Facing Up





3.
Estimasi





4.
Mengecek tanggal exp.





5.
FIFO





6.
LIFO





7.
Membersihkan Shelving





8.
Membereskan/ Membersihkan floor display





9.
Mengisi Barang di COC





10.
Membalikan return/ mengembalikan barang yang tak layak jual





11.
Check list Top 200





12.
Banded





13.
Membuat SKU





14.
Membuat POP





15.
Mengecek tanggal berlaku harga promo





16.
Membuat label = klasifikasi produk





17.
Melayani Konsumen





18.
Promosi





19.
Menkonfirmasi keputusan pelanggan






Sumedang, September 2013

Mengetahui,
Pimpinan Institusi                                                                                    Instruktur,





YOGI PREMADI, S.E                                                                     Titin Kustini, S.Pd
   Store Manager                                                                          NIP. 196111181989022001
PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI
24 Juni s.d 24 September 2013
Nama Instansi: GRIYA PLAZA SUMEDANG

No.
Kegiatan
Bulan: Juli
Ket.
Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3
Minggu 4
Ø  FOOD





1.
Filling In





2.
Facing Up





3.
Estimasi





4.
Mengecek tanggal exp.





5.
FIFO





6.
LIFO





7.
Membersihkan Shelving





8.
Membereskan/ Membersihkan floor display





9.
Mengisi Barang di COC





10.
Membalikan return/ mengembalikan barang yang tak layak jual





11.
Check list Top 200





12.
Banded





13.
Membuat SKU





14.
Membuat POP





15.
Mengecek tanggal berlaku harga promo





16.
Membuat label = klasifikasi produk





17.
Melayani Konsumen





18.
Promosi





19.
Menkonfirmasi keputusan pelanggan






Sumedang, September 2013

Mengetahui,
Pimpinan Institusi                                                                                    Instruktur,





YOGI PREMADI, S.E                                                                     Titin Kustini, S.Pd
    Store Manager                                                                       NIP. 1195407151982031008
PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI
24 Juni s.d 24 September 2013
Nama Instansi: GRIYA PLAZA SUMEDANG

No.
Kegiatan
Bulan: Agustus
Ket.
Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3
Minggu 4
Ø  FOOD





1.
Filling In





2.
Facing Up





3.
Estimasi





4.
Mengecek tanggal exp.





5.
FIFO





6.
LIFO





7.
Membersihkan Shelving





8.
Membereskan/ Membersihkan floor display





9.
Mengisi Barang di COC





10.
Membalikan return/ mengembalikan barang yang tak layak jual





11.
Check list Top 200





12.
Banded





13.
Membuat SKU





14.
Membuat POP





15.
Mengecek tanggal berlaku harga promo





16.
Membuat label = klasifikasi produk





17.
Melayani Konsumen





18.
Promosi





19.
Menkonfirmasi keputusan pelanggan






Sumedang, September 2013

Mengetahui,
Pimpinan Institusi                                                                                    Instruktur,





YOGI PREMADI, S.E                                                                    Titin Kustini, S.Pd
    Store Manager                                                                        NIP. 196111181989022001
PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI
24 Juni s.d 24 September 2013
Nama Instansi: GRIYA PLAZA SUMEDANG

No.
Kegiatan
Bulan: September
Ket.
Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3
Minggu 4
Ø  FOOD





1.
Filling In





2.
Facing Up





3.
Estimasi





4.
Mengecek tanggal exp.





5.
FIFO





6.
LIFO





7.
Membersihkan Shelving





8.
Membereskan/ Membersihkan floor display





9.
Mengisi Barang di COC





10.
Membalikan return/ mengembalikan barang yang tak layak jual





11.
Check list Top 200





12.
Banded





13.
Membuat SKU





14.
Membuat POP





15.
Mengecek tanggal berlaku harga promo





16.
Membuat label = klasifikasi produk





17.
Melayani Konsumen





18.
Promosi





19.
Menkonfirmasi keputusan pelanggan






Sumedang, September 2013

Mengetahui,
Pimpinan Institusi                                                                                    Instruktur,




YOGI PREMADI, S.E                                                                    Titin Kustini, S.Pd
   Store Manager                                                                        NIP. 196111181989022001
PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 2 SUMEDANG
DIVISI FOOD

MINGGU
DIVISI
URAIAN BIDANG PEKERJAAN
PARAF INSTRUKTUR
1.
FOOD
·   Estimasi jenis produk di divisi food
·   Filling in
·   Facing Up
·   Mengecek expire date roti
·   Mengembalikan return
·   Membanded jenis produk di Divisi Food

2.
FOOD
·   Estimasi jenis produk di divisi food
·   Filling in
·   Facing Up
·   Membersihkan Shelving
·   Mengisi Barang di COC
·   Membanded jenis produk di Divisi Food
·   Stock Up
·   Klasifikasi Produk

3.
FOOD
·   Estimasi jenis produk di divisi food
·   Filling in
·   Facing Up
·   Membuat SKU
·   Membanded jenis produk di Divisi Food

·   Mengembalikan Barang Return
·   Membuat Label

4.
FOOD
·   Mengecek expire date roti
·   Klasifikasi Produk
·   Meng-FIFO Barang di Divisi Food
·   Check List Top 200
·   Mengecek Tanggal Berlaku Harga Serba Hemat di Divisi Food
·    Membuat POP

5.
FOOD
·   Estimasi jenis produk di divisi food
·   Filling in
·   Stock Up
·   Facing Up
·   Check List Top 200
·   Membuat SKU
·   Membuat label
·   Membanded Jenis Produk di Divisi Food
·   Floor Display

6.
FOOD
·   Estimasi jenis produk di divisi food
·   Filling in
·   Facing Up
·   Membanded jenis produk di Divisi Food
·   Check List Top 200
·   Membuat label
·   Klasifikasi produk
·   Membuat POP

7.
FOOD
·   Estimasi jenis produk di divisi food
·   Mengecek expire date roti
·   Check List Top 200
·   Filling in
·   Facing Up
·   Membanded jenis produk di Divisi Food

8.
FOOD
·   Estimasi jenis produk di divisi food
·   Filling in
·   Facing Up
·   Mengecek Expire Date Barang di Food
·   Membuat Label
·   Membuat Labeling

9.
FOOD
·   Filling In di Floor Display
·   Membuat dan Memasang Harga Promo
·   Estimasi Jenis Produk di Divisi Food
·   Stock Up
·   Facing Up
·   Membanded Jenis produk di Divisi Food

10.
FOOD
·   Estimasi Jenis Produk di Divisi Food
·   Membuat Label
·   Mengecek expire date roti
·   Stock Opname
·   Filling In

11.
FOOD
·   Stock Up
·   FIFO Barang yang ada di Divisi Food
·   Membersihkan Shelving
·   Membanded Barang di Divisi Food
·   Filling In
·   Estimasi
·   Labeling
·   Stock Opname

12.
FOOD
·   Membuat SKU
·   Membuat Label
·   Membuat POP
·   Estimasi Jenis Produk di Divisi Food
·   Stock Opname di Divisi Food
·   Membanded Produk di Divisi Food
·   Mengecek Tanggal berlaku Harga Promo
·   Facing Up
·   Filling In
·   FIFO Barang yang ada di Divisi food
·   Mengecek expire date roti

































BAB III
FAKTOR-FAKTOR

3.1 Faktor Penghambat
·         Pergantian shift dari shift siang ke shift pagi, menjadikan kami kurang istirahat.
·         Keterbatasan kendaraan ketika pulang shift siang.
·         Sulitnya mencari absen, karena tempatnya tidak tetap.
·         Jadwal off yang sama antara siswa prakerin dan menjadikan satu siswa prakerin di satu lorong.
·         Kelebihan jam istirahat dari teman satu lorong.
·         Sarana dan Prasarana yang kurang memadai.


3.2 Faktor Pendukung
·         Terjalinnya kerjasama dengan siswa Prakerin yang berbeda sekolah.
·         Terjalinnya kerjasama antara SC (Service Crew), SPG/B (Sales Promotion Girl/ Boy), BA (Beauty A), ST (Staff), DT (Devisi Teknik), MJM (Makmur Jaya Mandiri), PG (Penjaga Gudang), dan KN (Keamanan).
·         Terbantunya pekerjaan pada saat ada SC Pule (Puasa-Lebaran).
·         Bisa ke gudang, asalkan memiliki Kartu Izin masuk ke Gudang.
·         Adanya Form Pesanan yang memudahkan konsumen untuk mencari barang yang dipesannya.

















BAB IV
PENUTUP


    4.1 KESIMPULAN

Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan yang dilaksanakan selama 3 bulan, mulai tanggal 24 Juni s.d 24 September 2013, kami dapat mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut, yaitu:
1.      Terlatihnya mental kami dalam melaksanakan kegiatan atau program kerja.
2.      Mampu bekerja sama dalam melaksanakan ataupun menyelesaikan suatu pekerjaan.
3.      Sadar akan persaingan dunia kerja.
4.      Suka duka menjadi pengalaman berharga bagi kami.
5.      Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.
6.      Melatih Siswa dan Siswi sejak dini untuk bekrja, menambah pengetahuan dan pengalaman siswa dalam menghadapi dunia kerja.
7.      Menciptakan siswa yang berkualitas dan berpotensi dalam dunia kerja.
8.      Meningkatkan tanggung jawab, rasa percaya diri, dan disiplin dalam menjalankan tugas.
9.      Terampil dan cermat.

4.2  SARAN-SARAN

1.      Mohon ditingkatkan untuk pemantauan terhadap siswa.
2.      Pembimbing diharapkan dapat menjadi penghubung atau sumber informasi mengenaI perkembangan disekolah.
3.      Pembimbing bisa membantu sebagai motivator siswa prakerin mulai dari awal pelaksanaan hingga akhir dari pelaksanaan, terlebih supaya bisa antusias untuk kembali.












4 komentar:

  1. Teh gk ada kegiatan yg d fashion ya?
    Itu cuma yg d food aja.

    BalasHapus
  2. Riska: iya ga ada say. :D

    Muhammad: makasih :) aamin Yaa Rabb. sukses selalu juga ya.

    BalasHapus
  3. Minta link dokumen nya boleh? Bisa di kirim ngga.???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh maaf kebetulan laptop yg nyimpen dokumen itu rusak kaa :(

      Hapus